Friday, July 8, 2011

Nokia E6 Desain Sederhana Fungsi Maksimal

Guna mempertahankan diri dari gempuran iPhone dan Android yang kian merajalela, Nokia meluncurkan ponsel pintar dengan pengembangan sistem operasi anyar Symbian Anna, E6.

Tapi, benarkah E6 ini cukup bagi Nokia untuk bertahan dalam kompetisi smartphone? Okezone mencoba 'membedah' fitur-fitur ponsel ini untuk menjawab pertanyaan itu.

Nokia melakukan inovasi dengan menggabungkan touchscreen dan keypad qwerty dalam desain monoblock. Dengan tampilan seperti E71 maupun E72, ponsel ini memiliki layar sentuh 2,46 inci yang cukup responsif, tanpa sensitivitas berlebihan yang kerap ditemui pada ponsel layar sentuh. Fungsi ini sangat membantu ketika anda menyelesaikan sebuah dokumen pekerjaan ataupun browsing internet.

Selain itu, meski keypad qwerty-nya terbilang kecil, namun jarak antara keypad memastikan anda tidak sering melakukan kesalahan saat mengetik. Desain keypad-nya sendiri yang cenderung lebih tebal dibandingkan ponsel lain pun terasa sangat nyaman di tangan.

Mengusung platform Symbian anyar, Symbian Anna, E6 memiliki tampilan yang 'segar' dengan ikon-ikon baru dan menarik. E6 juga menampilkan lima home screen yang memudahkan pengguna mengakses berbagai fungsi berbeda. Ketajaman grafis, berkat resolusi 326 piksel per inci juga membuat mata anda nyaman saat mengoperasikan ponsel ini.

Nokia E6 memiliki kamera beresolusi tinggi 8 megapiksel, sehingga pengguna bisa menikmati hasil foto maupun video yang maksimal.

Membicarakan ponsel pintar tentu tidak bisa dipisahkan dari keterhubungannya dengan internet. Okezone cukup terkesan dengan koneksi internet E6 yang terbilang sangat cepat, baik itu menggunakan GPRS maupun WiFi. Ketika mencoba mengunduh aplikasi dari OVI Store, okezone hanya membutuhkan waktu sekira 30 detik untuk menyelesaikan unduhan.

Seperti kebanyakan smartphone saat ini, E6 juga terintegrasi langsung dengan jejaring sosial populer Facebook dan Twitter. Pengguna bisa mengecek kedua situs secara terpisah maupun bersamaan.

Yang menjadi kelemahan fitur ini adalah pengguna harus selalu me-refresh masing-masing jejaring sosial untuk mendapatkan update yang terbaru, alih-alih menerimanya secara otomatis.

Meski begitu, secara keseluruhan okezone tetap terkesan dengan ponsel ini. Apalagi dengan baterainya yang termasuk hemat dibandingkan banyak smartphone lain yang memungkinkan penggunanya membuka beberapa aplikasi sekaligus. Keunggulan ini tentu saja sangat membantu dalam melakukan pekerjaan.

Harga Rp3,5 juta yang ditawarkan rasanya cukup kompetitif di kalangan ponsel dengan kemampuan dan spesifikasi serupa. Bagi pengguna yang menginginkan desain sederhana dengan kemampuan mumpuni, ponsel ini agaknya cukup 'menggiurkan'.

Spesifikasi Nokia E6:

Dimensi : 115,5 x 59 x 10,5 mm
Berat: 133 g
Sistem operasi: Symbian Anna
Internal memory: 8 GB, 32 GB (eksternal MicroSD memory card)
Layar: 2.46 inci
Resolusi: VGA (640 x 480), pixels per inch: 326ppi
Jaringan: GPRS/EDGE class B, HSDPA Cat9 maximum speed up to 10.2 Mbps, WLAN IEEE802.11 b/g/n
Konektifitas: Bluetooth 3.0, micro USB connector
Kamera: 8 megapiksel (belakang), VGA 640 x 480 piksel (depan)
Aplikasi: Calendar, Contacts, music player, internet, messaging, photos, Ovi Store, Maps, Videos, Web TV, Office document editors, Video and photo editor, Mail, Radio

No comments:

Post a Comment