Friday, July 29, 2011

Gua ‘Superman’ di Naica, Meksiko

Gua ‘Superman’ di Naica, Meksiko - Balok-balok kristal itu terbentuk di kedalaman 290 meter di bawah permukaan tanah.
Anda ingat gua kristal yang menjadi rumah Superman di film-filmnya? Saat sedang mencari timah, dua orang penambang menemukan balok putih dari gipsum yang sangat mengagumkan dari sebuah gua yang sudah berusia ratusan ribu tahun, di bawah Naica, Meksiko.

Dikutip dari Metro, 29 Juli 2011, di gua itu terbentuk kristal yang bisa tumbuh hingga mencapai 11 meter. Namun belum diketahui mengapa kristal di dalam gua itu terbentuk dalam posisi yang tidak beraturan.

“Kristal-kristal ini merupakan salah satu keajaiban dunia,” kata Juanma Garcia Ruiz, geolog dari Instituto Andaluz de Las Ciencias de la Tierra, Spanyol, yang mempelajari kondisi di tambang tersebut. “Gua ini sangat luar biasa, sayangnya banyak orang di Meksiko yang tidak memahami betapa pentingnya menjaga situs ini selama mungkin,” ucapnya.

Balok-balok kristal itu terbentuk di kedalaman 290 meter di bawah permukaan tanah. Menurut para peneliti, mereka terbentuk saat air yang dipanaskan hingga suhu sangat tinggi mulai mendingin dan bercampur dengan gipsum. Sejalan dengan waktu, kristal kemudian terbentuk akibat air tersebut.

Menurut peneliti, salah satu masalah yang menyulitkan penelitian dilakukan terhadap gua ini adalah panas yang datang dari sumber air terdekat. Temperaturnya sangat panas sehingga tidak mungkin membuat manusia tinggal lebih dari 10 menit dalam satu waktu di kawasan tersebut.

Namun demikian, Ruiz menyebutkan, itu bukan berarti situs tersebut boleh diabaikan. “Kristal yang ada di sana harus dilestarikan lebih baik. Naica sangat unik dan peluang untuk menemukan situs serupa di planet ini sangat kecil,” ucapnya.

Sayangnya, sampai 10 tahun setelah pertamakali ditemukan, pemerintah negeri itu belum juga menyematkan status situs warisan dunia untuk melindungi fenomena unik itu agar dapat dipertahankan bagi generasi masa depan.
vivanews.com

No comments:

Post a Comment