Saturday, May 21, 2011

Planet Kerdil yang Diselimuti Es

Planet Kerdil yang Diselimuti Es - Planet kerdil ini berjarak 35 kali lebih jauh dibanding jarak Matahari dengan Bumi.
Haumea, planet kerdil berbentuk aneh, dan setidaknya salah satu dari dua bulan yang ia miliki diperkirakan mengandung es.

Dengan ukuran lebar seluas 1.960 kilometer, planet berbentuk lonjong ini merupakan planet kerdil kelima yang teridentifikasi milik Matahari kita. Planet berjarak 35 kali lebih jauh dibanding jarak Matahari dengan Bumi ini memiliki bobot sepertiga massa Pluto.

Sama-sama mengitari Matahari, orbit planet ini berada di sekitar sabuk Kuiper, tepat di belakang Pluto. Bentuknya yang lonjong kemungkinan diakibatkan oleh periode rotasinya yang sangat cepat yakni 3,9 jam saja.

Ia pertamakali ditemukan pada tahun 2003 lalu oleh sekelompok astronom Amerika Serikat di Cerro Tololo Inter-American Observatory. Awalnya ia diberi nama 2003 EL61, sebelum diganti menjadi Haumea, nama seorang dewi penduduk Hawaii yang melambangkan kesuburan.

Tidak seperti benda lain di sabuk Kuiper, Haumea tidak terdiri dari campuran es dan batu dalam jumlah yang imbang, melainkan kerak es yang menyelimuti interior yang berbatu.

Video: Planet Kerdil yang Diselimuti Es








Haumea, planet kerdil berbentuk aneh, dan setidaknya salah satu dari dua bulan yang ia miliki diperkirakan mengandung es yang terbuat dari air yang mengkristal.

(VIVAnews)

No comments:

Post a Comment