Wednesday, May 25, 2011

Jejaring Sosial Khusus untuk Pemilik Toyota

Jejaring Sosial Khusus untuk Pemilik Toyota - Demam jejaring sosial telah memberikan inspirasi bagi raksasa otomotif Toyota. Menggandeng Salesorce.com, penyedia layanan cloud computing yang berbasis di San Francisco, AS, raksasa otomotif dari Jepang itu tengah mengembangkan "Toyota Friend", jejaring sosial khusus untuk para pemilik mobil Toyota.

Nantinya, "Toyota Friend" bisa diakses melalui komputer, tablet, dan smartphone. Lewat aplikasi ini, para konsumen Toyota dapat berkomunikasi langsung dengan Toyota sebagai korporat, jaringan penjualan Toyota, dan bahkan berhubungan dengan mobilnya masing-masing.

Misalnya, lewat aplikasi itu, sebuah mobil elektrik bisa memberi tahu pemiliknya ketika baterainya butuh diisi ulang. Pemilik mobil Toyota juga bisa berkomunikasi langsung dengan dealer atau bengkel resmi jika membutuhkan jasa servis. Tidak dijelaskan lebih lanjut bagaimana teknis pengaturan pesan yang dikirim otomatis oleh mobil ke ponsel pengguna. Toyota hanya menjelaskan bahwa semua pesan dikirim berdasarkan pembacaan sensor secara otomatis di mobil.

Untuk tahap awal, "Toyota Friend" akan menggunakan jaringan privat yang diperuntukkan bagi para pemilik mobil Toyota. Namun, nantinya, aplikasi itu juga akan terkoneksi dengan jejaring sosial lain, seperti Facebook dan Twitter.

"Toyota Friend" akan didukung oleh sistem jejaring sosial Chatter milik Salesforce.com dan platform milik Toyota sendiri. Sebagai catatan, Salesforce dan Toyota berpatungan dalam proyek Toyota Media Service, unit yang menangani pengembangan platform cloud computing Toyota. Salesforce akan menginvestasikan dana 2,7 juta dollar AS, sementara Toyota menggelontorkan 5,4 juta dollar AS. Microsoft juga akan bergabung dengan menanamkan dana 4,3 juta dollar AS.

Sayangnya, hingga kini, belum jelas kapan Toyota akan meluncurkan "Toyota Friend". Namun, kabarnya, mobil listrik yang telah dilengkapi aplikasi ini akan mulai meluncur ke pasar tahun 2012.
(tekno.kompas.com)

No comments:

Post a Comment