Saturday, May 21, 2011

Nama-nama Tempat Terpanjang di Dunia

Inilah Nama-nama Tempat Terpanjang di Dunia
1. Krung thep mahanakhon bovorn ratanakosin mahintharayutthaya mahadilok pop noparatratchathani burirom udomratchanivetmahasathan amornpiman avatarnsathit sakkathattiyavisnukarmprasit
Ya, inilah nama asli dari kota Bangkok di Thailand dalam bahasa Thai, yang resmi menjadi nama tempat terpanjang di dunia, orang Thailand sendiri menyingkatnya hanya dengan sebutan Krung Thep saja atau artinya adalah “Kota Malaikat”.

2.Taumatawhakatangihangak oauauotamateaturipukaka pikimaungahoronukupokaiwhe nua kitanatahu
Nah inilah nama lembah di Selandia Baru dari sebuah nama Maori (suku asli di Selandia Baru) yang artinya kurang lebih adalah: “Tempat di mana Tamate, orang dengan dengkul yang besar, yang tergelincir, memanjat dan melahap gunung, yang dikenal sebagai ‘pemakan daratan’, yang bermain suling (flute) untuk kekasihnya”

3. Gorsafawddachaidraigddanheddogleddollonpenrhynareu rdraethceredigion
Nah lho?? nama sebuah stasiun di Gwynedd, Wales, Uni Kerajaan yang dipaksakan oleh Fairbourne Steam Railway untuk menyaingi nama terpanjang ketiga di dunia yang juga berada di Wales pada poin ke 4 di bawah ini. Arti dari nama di atas adalah: “Stasiun Mawddach dengan gigi2 naganya di Jalan Penrhyn Utara di pantai emas Teluk Cardigan”. (Aih! Aih! Maksa pisan!!)

4. Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysilio gogogoch
Haha… ini juga berada di Wales, tepatnya adalah sebuah desa, panjang namanya saingan dengan nama tempat nomor 3 di atas, artinya kurang lebih adalah: “Gereja St. Mary yang berada pada lubang di pohon hazel putih di dekat pusaran air cepat di Gereja St. Tysilo dekat Gua Merah”. (Maksa juga deh perasaan! )

5. El Pueblo de Nuestra Señora la Reina de los Ángeles de la Porciúncula
Di antara nama2 terpanjang yang terpampang di sini, mungkin inilah nama terpanjang yang tempatnya paling terkenal (walaupun nama panjangnya tidak dikenal), ya inilah nama resmi kota Los Angeles di California, Amerika Serikat. Dari Bahasa Spanyol yang artinya adalah: “Kota Nyonya kita: Ratu dari malaikat2 Porciúncula”. Nah, nama panjang di atas ironisnya kini hanya disunat menjadi L.A. saja, menjadi salah satu nama terpendek di dunia.

6. Chargoggagoggmanchaugagoggchau bunagungamaug
Sebuah danau di Webster, Massachussetts, Amerika Serikat yang diambil dari bahasa Indian setempat yang artinya: “Kamu memancing di daerahmu, Aku memancing di daeraku, dan tidak boleh ada orang yang memancing di tengah2?. **halaah**

7. Lower North Branch Little Southwest Miramichi
Sebuah sungai pendek di New Brunswick, Canada

8. Villa Real de la Santa Fé de San Francisco de Asis
Nama asli dari Santa Fe di New Mexico, Amerika Serikat. Artinya adalah: “Kota Kerajaan dari Kepercayaan Suci Santo Fransiskus dari Asisi”

(sumber)

No comments:

Post a Comment