Thursday, May 12, 2011

Benarkah Blogger akan Ditutup pada Bulan Juni 2011?

Benarkah Blogger akan Ditutup pada Bulan Juni 2011? - Apakah benar Karena proses maintenance blogger.com yang tidak kunjung usai dalam waktu 10 jam terakhir (baca: Blogger saat ini tidak tersedia) menimbulkan banyak spesifikulasi di situs forum internet. Bahkan kabar burung yang saat ini santer berhembus, menyebutkan bahwa adanya kaitan antara maintenance paling lama blogger sepanjang sejarah hari ini dengan rencana akan segera ditutup layanan blogger tepatnya pada 25 Juni 2011 mendatang.

Mencoba tidak menjadi korban isu-isu, akhirnya penulis mencoba melakukan penelusuran mengenai kabar akan ditutupnya layanan blogger.com pada bulan Juli 2011. Dari salah satu situs yang paling dapat dipercaya (baca:disini) memang benar akan dilakukan penututapan terhadap layanan blogger pada bulan Juni 2011.
Tapi tenang dulu. Sebab layanan blogger yang ditutup tersebut bukanlah secara menyeluruh ditutup. Namun yang ditutup disini adalah akun blogger lama yang mendaftar menjadi pengguna blogger dari tahun 2007 kebawah dan sampai saat ini belum mengintegrasikan akun blogger mereka dengan akun google.
Diketahui bahwa sebelum Blogger akuisisi pihak google, maka blogger masih menggunakan sistem account sendiri sampai tahun 2006 setelah proses akuisisi dilakukan dan baru mulai akun baru bermigrasikan penggunanya pada tahun 2007.
Selama empat tahun itu ternyata intergrasinya sendiri tidak dilakukan sebagaimana mestinya, sehingga pada akhirnya Google Blogger memutuskan akan segera menghapus dukungan bagi account penggunanya yang lama. Tidak hanya akan account lama saja yang berhenti bekerja, tetapi blog yang terkait dengan pengguna lamanya pun tersebut tentunya juga akan segera dihapus jika penggunanya tidak segera bermigrasi ke sistem yang baru pada bulan 25 Juni 2011 yang akan datang.
Sebelumnya Google juga menghadapi masalah yang sama di YouTube dan telah mengeluarkan peringatan serupa baru-baru ini, dan meminta para penggunanya yang belum melakukannya agar dapat melakukan login ke Youtube diwajibkan sebelumnya untuk memiliki sistem account Google terlebih dahulu.
Menurut informasi yang beredar, sebelum proses penutupan akun lama blogger dilakukan, maka terlebih dahulu pihak Blogspot akan kembali memberi keterangan lebih lanjut sebelum 25 Juni 2011.

(teknologi.kompasiana.com)

No comments:

Post a Comment