Sunday, May 29, 2011

5 Sistem Ponsel Terpopuler Tahun 2011

5 Sistem Ponsel Terpopuler Tahun 2011 - Pertumbuhan perangkat mobile dari tahun ke tahun semakin meningkat. Hal ini juga akhirnya membuat banyak pihak mengembangkan Sistem Operasi untuk mobile. Dari sekian banyak sistem operasi yang dikembangkan, inilah 5 sistem operasi untuk perangkat mobile yang terpopuler pada 2011:
5. Samsung (Tingkat popularitas di dunia 4,72%)
Sistem operasi ponsel Samsung dikenal dengan julukan Bada. Sistem operasi ini dikembangkan oleh Samsung Electronics untuk digunakan di mobile phone dan ponsel cerdas menengah ke bawah. Samsung mengklaim bahwa Bada akan tumbuh cepat menggantikan platform ponselnya, khususnya untuk mengganti fitur ponsel ke ponsel cerdas. Bada sendiri diperkenalkan pada 10 Nopember tahun 2009. Pada kuartal 1 2011, Samsung sendiri telah mengapalkan 3,5 juta ponsel berbasis Bada. Sebagai perbandingan, 2,5 juta unit berjalan menggunakan Windows Phone 7.

4. BlackBerry OS (Tingkat popularitas di dunia 14,05%)
Sistem operasi ini dikembangkan oleh Research In Motion (RIM) untuk ponsel pintarnya yang berjuluk Black Berry. Sistem operasi ini mampu melakukan berbagai kegiatan dalam satu waktu (multitasking) dan mendukung perangkat inputan lainnya yang telah diadaptasi oleh RIM, seperti handhelds, trackwheel, trackball, dan trackpad serta touchscreen. Urusan penjualan, RIM melaporkan pada Juni 2010 bahwa mereka telah menjual 100 juta unit BlackBerry.

3. Android (Tingkat popularitas di dunia 15,77%)
Android merupakan kumpulan perangkat lunak untuk perangkat mobile yang di dalamnya termasuk sistem operasi dan aplikasi kunci. Google Inc. membeli Android dari pengembang pertamanya pada 2005. Saat ini, sistem operasi Android merupakan platform untuk smartphone terlaris di dunia dengan 200 ribu aplikasi di Android Market yang dijalankan oleh Google. Dalam urusan pangsa pasar, Android telah menguasai 33 persen pasar pada kuartal 4 2010 dan merupakan pejual teratas untuk platform ponsel cerdas. Pada Desember 2010, Google menyatakan bahwa 300 ribu telepon Android diaktvitasi setiap harinya. Jumlah ini meningkat pada Mei 2011 menjadi 400 ribu aktivasi setiap harinya. Hingga saat ini, diprediksikan lebih dari 100 ribu perangkat berbasis Android telah aktif di seluruh dunia.

2. iOS (Tingkat popularitas di dunia 23,95%)
iOS yang dikenal dengan iPhone OS, merupakan sistem operasi untuk perangkat mobile Apple. Awalnya, iOS dikembangkan untuk iPhone dengan menggunakan sentuhan pada layarnya. Namun, belakangan sistem operasi ini juga dikembangkan luas untuk mendukung perangkat Apple lainnya seperti iPod touch, iPad, dan Apple TV. Pada 14 Januari 2011, Apple’s App Store memiliki 300 ribu aplikasi iOS yang telah diunduh sebanyak 10 milyar kali. Pada akhir kuarter 2010, iOS telah menguasai 16 persen pasar sistem operasi ponsel pintar, ketiga dibelakang Google Android dan Nokia Symbian.

1. Symbian (Tingkat popularitas di dunia 30,89%)
Sistem operasi dan platform perangkat lunak ini dirancang untuk ponsel pintar dan saat ini dipelihara oleh Nokia. Aslinya, Symbian OS dikembangkan oleh Symbian Ltd. Kemudian, pada Desember 2008, Nokia membeli Symbian Ltd. Pembelian ini mengakibatkan Nokia menjadi kontributor utama untuk kode-kode Symbian. Perangkat yang berbasis Symbian menguasai 29,2 persen pasar ponsel pintar. Diestimasikan perangkat yang tertanam Symbian OS ini pada akhir kuartal 2010 telah mengirimkan 385 juta unit. Saat ini, Symbian OS banyak digunakan oleh produk-produk Nokia.

(uniknya.com)

No comments:

Post a Comment