Saturday, August 6, 2011

5 Aplikasi iPhone di Bulan Ramadhan

5 Aplikasi iPhone di Bulan Ramadhan - Selama sebulan ini ummat muslim sedunia, termasuk di Indonesia, akan menjalankan salah satu kewajiban dari rukun Islam, yaitu berpuasa. Selama sebulan itu pula rutinitas kehidupan kita akan sedikit berubah, di antaranya bangun lebih pagi untuk bersahur dan bersegera makan malam yang jatuh pada saat Maghrib atau sering disebut berbuka. Selain itu, biasanya ummat muslim banyak melakukan amalan dan ibadah yang lebih kusyu’, seperti lebih banyak membaca Al-Quran dan Hadist serta berdoa.
Pada zaman teknologi yang maju seperti sekarang, sudah selayaknya kita memanfaatkan perangkat canggih yang kita miliki seperti iPhone dan smartphone lain atau komputer tablet. Kali ini saya ingin berbagi beberapa aplikasi di iPhone dan mungkin juga ada versi untuk iPad yang layak terpasang selama bulan Ramadan ini. Sebetulnya ada banyak aplikasi serupa dan mungkin lebih baik atau sesuai selera, namun kebetulan saya memilih beberapa aplikasi berikut untuk iPhone saya.
1. Nightstand Central
131218088070708749
Aplikasi ini bisa menjadi alat pembangun atau alarm waktu sahur. Kita bisa mengatur waktu bangun sesuai keinginan kita dengan berbagai pilihan suara, dari yang standar jam weker yang sering kita dengan hingga lagu favorit yang ada di playlist iPhone kita. Selain sebagai alarm, aplikasi ini juga bisa menjadi pemutar musik pengantar tidur (lullaby) bila kita sulit tertidur. Aplikasi yang mirip dengan tampilan widget di ponsel berbasis Android ini, bisa juga menjadi pelapor cuaca.
2. iPray
1312180961930957444
Aplikasi ini memberikan jadwal waktu shalat di berbagai tempat dan kota di seluruh dunia. Anda bisa mengatur beberapa waktu di beberapa tempat sekaligus, termasuk tempat Anda tinggal. Selain jadwal lima waktu shalat wajib, ada juga kompas penunjuk kiblat. Hal ini berguna bila Anda harus shalat selama di perjalanan dan tidak menemukan masjid/mushola terdekat sehingga tidak perlu bertanya-tanya atau ragu-ragu. Kita juga bisa menyalakan suara adzan di aplikasi ini sebagai pemanggil waktu shalat. Suara adzan ini pun ada beberapa versi, di antaranya versi Makkah 1 & 2, Mishary Rashed dan suara Yusuf Islam (alias Cat Stevens).
3. iQuran
1312181314142152104
Selama bulan Ramadan biasanya kita lebih sering mengisi waktu dengan membaca kitab suci Al-Quran. Bila Anda tidak membawa Al-Quran cetak, aplikasi ini sangat berguna, apa lagi iQuran sudah dilengkapi dengan terjemahan, baik dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris. Selain itu, kita juga bisa mengunduh audio dari semua surat untuk kita dengarkan atau untuk berlatih membaca karena terdapat pointer sesuai suara bacaan Quran. Suara qori’ ini pun bisa kita pilih beberapa versi.
4. iZakah
1312181687834378040
Nah, menjelang akhir Ramadhan biasanya ada kewajiban lain yakni berzakat. Aplikasi ini akan membantu kita menghitung zakat harta/maal yang harus kita keluarkan. Caranya sangat mudah, kita tinggal memasukkan nilai kekayaan yang wajib dizakati dan aplikasi ini akan menghitung besarnya zakat dalam rupiah. Nilai zakat ini bisa dipilih dalam berbagai mata uang termasuk US dollar.
5. Buku Resep
1312181502248834874 
Anda kehabisan ide untuk hidangan makan sahur atau berbuka? Aplikasi ini memuat banyak sekali resep masakan, dari Selera Nusantara hingga Hidangan Internasional. Resep-resep ini layak dicoba juga untuk hidangan saat lebaran karena ada Soto Betawi, Laksa Ayam, Sate Padang dan hidangan lezat lain yang membuat kita menelan ludah. Awas, jangan sampai tergoda makan sebelum saatnya berbuka.
teknologi.kompasiana.com
baca juga artikel menarik berikut ini - Aplikasi Penunjuk Lokasi Tempat Makanan Halal dari iPhone

No comments:

Post a Comment