Saturday, November 13, 2010

Tumbuhan yang Dapat Memangsa Tikus

Berikut adalah Tanaman raksasa yang mampu melahap seekor serangga bahkan juga seekor tikus, tumbuhan tersebut ditemukan oleh sekelompok ilmuwan di puncak gunung Victoria. Tanaman karnivora yang dengan nama latin nepenthes attenborouhgii tersebut ditemukan di daerah Asia Tenggara tepatnya di sebuah pegunungan Palawan Filipina.

Para peneliti yang dipimpin oleh Stewart Mcpherson dari Red Fern Natural History Production, telah mempelajari tanaman tersebut sejak tahun 2000 ketika mendapat laporan dari kelompok pendaki yang menemukannya di pegunungan tersebut.
Mcpherson menyatakan semua tanaman karnivora mampu berkembang untuk menangkap serangga. Tetapi tanaman yang besar seperti tanaman itu dapat memakan tikus dan kodok. “Sebuah hal yang luar biasa di mana tanaman sebesar ini telah begitu lama tidak ditemukan” tambahnya.
 

Penemuan ini dijelaskan secara rinci di Botanical Journal of the Linnean Society.
Tanaman ini adalah tanaman teko ke dua terbesar di dunia yang dapat tumbuh sepanjang lebih dari 4 kaki, dengan struktur seperti teko yang dipenuhi oleh cairan.

Tanaman ini mengeluarkan sejenis madu di sekitar mulutnya untuk memikat tikus, serangga dan mangsa lain agar jatuh ke dalam perangkapnya. Ketika seekor hewan telah terjerat, enzim dan asam yang terdapat pada cairannya Perlahan-lahan akan menghancurkan tulang – tulang korban yang tertelan.

source : http://inilah.com/news/read/teknologi/2009/08/25/146406/ditemukan-tanaman-pemakan-tikus/

infoinfo unik:Tumbuhan yang Dapat Memangsa Tikus
http://info-infounik.blogspot.com

No comments:

Post a Comment