Friday, December 3, 2010

Militer AS Rakit 'Mobil Terbang'

SAN FRANSISCO - Industri peralatan dan persenjataan militer terus berkembang seiring kecanggihan teknologi. Konsep-konsep perlengkapan tempur pun mulai dikeluarkan oleh militer sejumlah negara.

Militer Amerika Serikat pun berencana merakit sebuah kendaraan tempur masa depan yang akan membantu mereka menjangkau wilayah-wilayah pertempuran. Salah satu yang dikembangkan AS adalah konsep 'mobil terbang'.

Mobil tersebut nantinya bisa berjalan di darat dan juga dapat berubah fungsi menjadi sebuah helikopter. Demikian dilansir DailyMail, Jumat (3/12/2010).

Mobil yang bisa bertransformasi menjadi Helikopter ini dikembangkan dengan menggaet produsen otomotif Humvee. Tujuan dari pengembangan mobil konsep ini adalah untuk membawa pasukan ke daerah-daerah terpencil dengan medan sulit. Mobil ini nantinya juga dirancang untuk model Truk.

Pentagon sendiri mengatakan akan menggelontorkan dana sekira 41 juta poundsterling untuk program pengembangan mobil tersebut.

Spesifikasi mobil konsep tersebut, antara lain dilengkapi dengan mesin JP-8 turboshaft dengan kecepatan 65 mil per jam di darat dan 150 mil per jam di udara. Mobil tersebut juga dilengkapi persenjataan seperti machineguns dan meriam untuk pertahanan.

Harga untuk satu mobil konsep ini diperkirakan sekira 132.000 pounsterling atau sekira Rp1,8 miliar.

Petinggi militer AS percaya bahwa kendaraan buatannya yang dilengkap dengan baling-baling dan sayap, bisa mengubah nasib tentara AS dalam memerangi Taliban. "Ini akan mirip dengan kendaraan Humvee untuk berpatroli di tanah tapi bisa berubah menjadi helikopter di sentuhan tombol dalam keadaan darurat," ujar salah seorang pejabat Militer AS.

No comments:

Post a Comment