Thursday, December 30, 2010

Khasiat Temulawak (Curcuma Xanthorrhiza Roxb)

Curcuma Xanthorrhiza Roxb atau yang lebih dikenal dengan nama Temulawak ternyata berkhasiat untuk mencegah dan mengatasi beraneka macam penyakit. Berbagai khasiat dari temulawak, antara lain, gangguan lever, mencegah hepatitis, meningkatkan produksi cairan empedu, melancarkan saluran pencernaan, mengatasi radang kandung empedu, radang lambung dan gangguan ginjal. dan tentunya masih banyak lagi khasiat dari temulawak ini


* Untuk mengatasi radang sendi, rematik, pegal linu, ambil 25 gr temulawak berikut 20 gr jahe merah direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc,dinginkan lalu saring dan minum airnya.

* Untuk mengatasi gangguan lever, ambil 25 gr temulawak dan 30 gr daun serut/mirten lalu rebus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, saring dan airnya diminum selagi hangat.

* Untuk mengatasi sakit radang kandung empedu, ambil 30 gr temulawak diiris-iris lalu direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc, saring dan minum airnya.

* Untuk meringankan rasa sakit akibat datang bulan, ambil 25 gr temulawak diblender dengan air secukupnya, saring lalu tambahkan madu secukupnya dan diminum.


* Untuk mengatasi batu empedu, ambil 25 gr temulawak, 30 gr meniran dan gula aren secukupnya direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc, saring dan airnya diminum.

* Untuk meningkatkan nafsu makan, ambil 25 gr temulawak, 10 gr asam jawa dan gula merah secukupnya direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, saring dan diminum.

* Untuk Menurunkan kolesterol tinggi, ambil 20 gr temulawak kering ditumbuk halus lalu diseduh dengan air panas secukupnya dan diminum hangat-hangat.

* Untuk Mengobati batuk dan radang saluran nafas, ambil 25 gr temulawak diparut, tambahkan air matang secukupnya, saring lalu tambahkan madu secukupnya dan air perasan 1 buah jeruk nipis, kemudian diminum.

* Untuk Mengatasi masalah radang lambung, ambil 30 gr temulawak dipotong kecil-kecil lalu direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc, saring dan airnya diminum.

Lakukan resep ini dua kali sehari secara teratur. Sedangkan, untuk penyakit berat/serius disarankan untuk tetap konsultasi ke dokter.



Oleh:Prof HM Hembing Wijayakusuma Sumber : Suara Karya

No comments:

Post a Comment